Jika keluar banyak asap dari knalpot saat mesin hidup, bisa jadi itu pertanda ada yang tidak beres pada komponen mesin. Asap pekat adalah normal untuk mesin pembakaran internal 2-tak (2-tak). Namun, tidak demikian halnya dengan sepeda motor 4-tak atau matik.
Jika knalpot motor Anda berasap, bisa dipastikan ada masalah pada komponen mesin. Tentu saja, harus segera ditemukan penyebabnya, dan Anda tidak bisa mengabaikannya. Karena jika tidak, bisa dipastikan kerusakan sepeda motor akan bertambah dan biaya perbaikan akan bertambah.
Penyebab asap knalpot sepeda motor adalah:
- Ring piston aus.
Ring piston mesin mencegah oli mesin masuk ke ruang bakar. Ring piston menyegel dua bagian mesin, bagian atas silinder adalah ruang bakar dan bagian bawah adalah poros engkol. Ring piston yang aus memungkinkan oli keluar ke ruang bakar. Oli motor ini akan terbakar saat motor dihidupkan. Jika dibiarkan saja, oli mesin akan cepat habis, mesin akan bekerja kasar, dan juga akan kehilangan tenaga. Oleh karena itu, ring piston harus segera diganti yang baru untuk mengatasi masalah ini jika tidak ingin kerusakan bertambah. - Masalah pada ruang pembakaran
Motor dapat berjalan karena adanya proses pembakaran yang terjadi pada mesin kendaraan tersebut. Lama kelamaan kondisi ruang bakar menjadi lapuk, kotor dan lama terbakar sehingga menimbulkan asap. Kurangnya perawatan dan pemilihan bahan bakar yang tidak tepat untuk kendaraan menjadi alasan peningkatan volume. Bahan bakar yang tidak mencukupi menyebabkan proses pembakaran menjadi tidak sempurna, sisa pembakaran ini membentuk kerak pada mesin kendaraan. - Segel katup bocor
Segel katup berfungsi sebagai jalur udara masuk dan keluar ruang bakar. Jika motor digunakan untuk waktu yang lama, tak menutup kemungkinan komponen ini mengeras dan kurang rapat. Hal ini menyebabkan penutup katup bocor, sehingga oli mudah mengalir ke ruang mesin. Jika masalahnya adalah penutup klep yang bocor, Anda dapat pergi ke toko untuk menggantinya dengan yang baru. - Kondisi oli mesin yang encer
Oli mesin yang terlalu encer akan lebih mudah masuk ke dalam mesin dan menyebabkan kebakaran selama proses pembakaran. Selain kesalahan pemilihan oli, penggantian oli yang terlalu lama juga menyebabkan oli menjadi encer dan kotor. - Silinder atau liner mesin rusak
Kerusakan silinder ini biasanya disebabkan oleh piston yang aus dan umur mesin yang lama. Kondisi bahan bakar silinder atau mesin yang rusak akan memungkinkan oli bocor ke ruang bakar. Saat oli bercampur di ruang bakar, hasilnya bisa ditebak, asap keluar dari knalpot sepeda motor. Silinder yang rusak dapat diperbaiki dengan cara bore up.
Itu penyebabnya knalpot sepeda motor berasap yang bisa terjadi pada sepeda motor kesayangan Anda.
Antros dirancang sebagai cairan pembersih mesin dan penghemat BBM dengan lebih banyak benefit lainnya. Tidak meninggalkan residu dan bahan yang di gunakan dari minyak atsiri sangat aman di gunakan dalam jangka panjang.
Untuk pemesanan menghemat bahan bakar minyak dapat dilakukan dengan menggunakan ANTROS
bisa klik link di bawah ini